Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Timah Tidak Mau Nempel Dikabel & Solusinya

Kenapa timah tidak mau menempel di kabel, mata solder ataupun kaki komponen? Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timah tidak dapat merekat dengan sempurna. Mulai dari masalah kualitas pada timah itu sendiri, tingkat kepanasan solder dan juga berbagai faktor lainnya. Hal ini tentu perlu Anda ketahui agar masalah timah tidak bisa menempel bisa segera diatasi.

Biasanya, ketika menyolder kabel seringkali ada timah yang sulit untuk merekat, bahkan sudah dicoba berkali-kali namun hasilnya sama saja. Tentu ini akan membuat Anda kesal, apalagi jika sangat perlu sekali untuk menyambungkan kabel tersebut menggunakan timah.

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat rekat pada timah itu sendiri, seperti bahan kabel yang memang tidak bisa disolder, ataupun masalah lainnya. Nah pada artikel ini, kami akan memberikan solusi untuk Anda yang mengalami masalah timah tidak mau menempel dikabel ataupun benda lainnya. Yuk simak artikel ini sampai selesai.

Penyebab Timah Tidak Mau Menempel di Kabel



1. Kabel Dilapisi Plastik


Jangan mengira bahwa solder atau timah yang bermasalah, seringkali timah tidak bisa menempel justru disebabkan karena kabelnya itu sendiri. Ada beberapa kabel yang dilapisi plastik tipis seperti rambut, biasanya ada pada kabel headset.

Nah, jika Anda ingin menyolder kabel jenis ini, maka Anda perlu membersihkan lapisan itu terlebih dahulu. Disarankan untuk membersihkannya menggunakan cutter secara perlahan sampai kabel terlihat mengkilat yang merupakan tanda bahwa siap untuk disolder.

Selain itu, Anda juga bisa terus menyolder dengan timah sampai lapisan kabel tersebut meleleh. Nah setelah itu, Anda perlu membersihkan mata solder dari lapisan kabel yang meleleh tadi. Setelah dibersihkan, barulah untuk menyoldernya menggunakan timah.

2. Panas Solder Tidak Maksimal


Ada banyak jenis solder dengan harga dan kualitas yang berbeda. Mulai dari watt kecil hingga besar dengan kebutuhannya masing-masing. Jika Anda ingin menyolder kabel besar, maka Anda juga membutuhkan solder dengan tingkat panas yang tinggi atau watt yang cukup.

Disarankan untuk menggunakan solder 80 watt agar panas yang dihasilkan menjadi lebih maksimal dan timah bisa dengan mudah menempel dikabel tersebut. Ketika menggunakan solder dengan watt besar, maka panas dari solder tidak akan mudah terserap ke kabel tembaga atau serabut sehingga timah akan cepat mudah meleleh dan tidak cepat membeku.

3. Kualitas Timah Buruk


Pernah membeli timah dengan harga murah? Bisa jadi timah tersebut produk palsu atau dibuat dengan komposisi yang tidak berkualitas, bisa dikatakan tingkat timahnya hanya sedikit, sehingga seringkali sulit menempel di kabel ataupun komponen elektronik lain.

Ada banyak sekali merk timah dengan panjang, diameter dan harga yang berbeda-beda. Setiap jenis timah itu digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin menyolder kabel, disarankan untuk membeli timah berkualitas, seperti merk Nippon.

Timah ini sudah terbukti cepat meleleh dan sangat mudah menempel dikabel serabut ataupun tembaga. Selain itu, Anda juga sudah bisa melelehkan timah merk ini walaupun dengan solder 20watt. Masih ada banyak lagi merk timah yang berkualitas, jadi pastikan untuk melihat kualitas, bukan harganya yang murah.

4. Kabel Kotor


Sudah mencoba berkali-kali namun timah tidak mau menempel di kabel? bisa jadi kabel itu sudah kotor sehingga timah tidak bisa merekat dengan semestinya. Kotoran itu bisa karena debu atau plastik lapisan yang meleleh dan tidak dibersihkan.

Jadi, sebelum menyolder kabel ataupun objek lainnya, kamu harus membersihkan kabel tersebut terlebih dahulu, bisa menggunakan cairan tinner ataupun cutter seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Jika sudah bersih, maka kamu bisa mencoba untuk menyolder kabel itu lagi.

Itulah artikel kali ini yang bisa kami bagikan untuk Anda pembaca setia Zynesia. Kesimpulannya, masalah timah tidak mau nempel dikabel bisa disebabkan karena banyak hal, seperti penjelasan diatas tadi. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Timah Tidak Mau Nempel Dikabel & Solusinya"