Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Suara TV yang Hilang Timbul dengan Mudah

Pernahkah Anda mengalami masalah suara TV yang hilang timbul? Ini merupakan kerusakan yang sering terjadi pada TV tabung ataupun LED. Masalah ini tergolong mudah diperbaiki karena biasanya disebabkan karena ada komponen yang longgar saja.

Terkadang suara TV hilang namun ketika TV digoyangkan atau dipukul tiba-tiba suara muncul kembali, ini merupakan tanda bahwa ada solderan yang kurang merekat sempurna sehingga terkadang komponen yang berhubungan dengan suara tersambung dan terputus terus-menerus yang menyebabkan suara kadang ada dan kadang tidak ada.

Namun untuk memperbaikinya membutuhkan pengetahuan tentang elektronik, bagaimanapun juga Anda tidak akan bisa memperbaikinya jika tidak mengetahui komponen mana yang berhubungan dengan suara TV. Untuk itu silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara Memperbaiki Suara TV yang Hilang Timbul


suara tv hilang timbul


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan blok audio pada mesin TV, ini penting karena biasanya komponen yang longgar tersebut memang ada pada bagian blok audio yang terdiri dari komponen pendukung seperti resistor, kapasitor dan IC suara.

Anda perlu mengamati suara komponen yang ada pada blok tersebut, terutama kapasitor-kapasitor dengan nilai yang berbeda. Untuk mempermudah pengamatan, Anda memerlukan alat multimeter yang berfungsi untuk mengukur hambatan dari setiap komponen yang ada.

Selain itu, lihat juga fisik dari komponen pada bagian blok audio, apakah ada yang terlihat terbakar, retak atau tidak. Segera ganti komponen yang dirasa sudah rusak atau fisiknya terlihat sudah cacat.

Jika sudah melakukan pemeriksaan pada setiap komponen di blok audio namun suara tetap hilang timbul, maka kami sarankan untuk menyolder ulang kaki-kaki komponen tersebut, biasanya ada solderan yang retak sehingga membuat komponen terkadang nyambung dan terputus.

Langkah yang tidak boleh dilewati adalah dengan mengukur tegangan audio yang biasanya sebesar 16v. Untuk menemukan tegangannya, Anda bisa mencari jalur output power suplai yang mengarah ke IC audio.

Pastikan tegangan tidak kurang dari 15-16v. Jika setelah diukur ternyata drop, Anda perlu mencari kapasitor yang memfilter tegangan audio, biasanya kapasitor ini sudah kering sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Setelah tegangan kembali normal, biasanya kerusakan suara TV yang hilang timbul akan teratasi. Anda perlu mencoba satu persatu langkah yang sudah kami jelaskan diatas agar bisa memperbaiki kerusakannya dengan langkah yang tepat.

Baca juga: Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Menyimpan Siaran

Nah itulah artikel singkat yang bisa kami bagikan kali ini mengenai cara memperbaiki suara TV yang hilang timbul. Tutorial diatas dikhususkan untuk TV tabung, namun Anda bisa mencoba beberapa langkah perbaikan untuk TV LED ataupun LCD. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Suara TV yang Hilang Timbul dengan Mudah"