Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Pasta Solder (Flux) yang Jarang Diketahui

Kebanyakan dari Anda pasti masih ada yang bertanya-tanya, apa sih fungsi pasta solder? Karena jika hanya dilihat, kelihatannya pasta ini tidak memiliki fungsi sama sekali. Dan ada beberapa orang yang langsung menyolder tanpa menggunakan pasta sama sekali.

Pasta flux sendiri merupakan jenis pasta atau semacam krim yang biasa digunakan dalam proses pembuatan PCB atau benda yang berhubungan dengan listrik. Jika Anda memiliki pendidikan di bidang kelistrikan pastinya bentuk dan bau dari pasta flux ini sudah tidak asing lagi.

Lalu apa fungsi dari pasta flux? Mari kita bahas lebih jelas dalam artikel di bawah ini.



Apa Fungsi Pasta Solder (Flux)




Sederhananya, pasta flux atau Solder Grease digunakan untuk mengurangi lapisan oksidasi yang bisa terbentuk selama proses menyolder.

1. Melindungi Lapisan PCB

Lapisan oksidasi tersebut bisa mempercepat proses pengkaratan yang terjadi pada timah dan media apapun yang Anda solder. Artinya, pasta flux ini bisa memperpanjang jangka waktu penggunaan PCB karena jadi tidak mudah berkarat dan rusak.

Karat yang timbul di daerah sekitar solder juga bisa menyebabkan arus listrik tidak bisa mengalir dengan baik. Itulah mengapa, pasta ini lebih sering digunakan ketika ingin menyolder benda-benda yang berhubungan dengan listrik.

2. Agar Timah Mudah Menempel


Fungsi dari solder grease yang lain adalah agar timah dan PCB bisa menempel dengan baik. Karena pasta ini bisa membantu timah menempel ke permukaan PCB dan bekerja seperti perekat.

Seringkali ada kotoran atau debu yang tidak terlihat pada komponen dan PCB yang ingin disolder, sehingga timah tidak bisa menempel. Selain dibersihkan menggunakan cairan tinner, Anda juga bisa mencoba mengoleskan flux solder pada pin atau kaki komponen yang kotor.

Selain itu, flux solder bisa digunakan untuk membersihkan mata solder dari kotoran, seperti plastik yang tidak segaja tersolder ataupun benda lainnya yang membuat mata solder menjadi kotor.

Dengan begitu, timah akan dengan mudah menempel ke solder dan tidak ada lagi kotoran yang bisa menghambat atau bahkan merusak PCB jika terlalu lama tidak dibersihkan. Akan tetapi, Anda harus menggunakan flux yang berkualitas agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jenis-jenis pasta flux sendiri ada banyak, contohnya seperti Lotffet dan Pro Paste. Harganya pun berbeda-beda karena kefektifannya yang beragam. Setiap flux solder ini memiliki komposisi yang berbeda, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya untuk menyolder resistor atau sejenisnya, flux biasa juga sudah cukup.

Jika Anda membutuhkan paste flux untuk kebutuhan pembuatan PCB, pemasangan IC dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, kami sarankan menggunakan Lotfett karena hanya lumayan terjangkau. Selain itu, Lotfett juga cukup ampuh baik dalam merekatkan timah ke PCB maupun untuk menjaga dari korosi pada timah dan kabel.

Seperti itulah pembahasan mengenai fungsi pasta (flux) solder. Walaupun tidak semua hal yang disolder perlu dilapisi pasta ini, namun ada baiknya Anda selalu sedia solder grease untuk berjaga sewaktu-waktu membutuhkan ketika ingin membuat PCB.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Pasta Solder (Flux) yang Jarang Diketahui"