Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menambah Kecepatan Kipas Angin dengan Mudah

Kipas angin adalah salah satu barang elektronik yang paling sering digunakan dalam waktu yang cukup lama. Semakin lama biasanya kecepatan putaran kipas angin akan semakin melambat dan akhirnya angin yang dihasilkan dari putaran tersebut tidak terasa lagi. Lalu bagaimana cara untuk menambah kecepatan kipas angin?

Umumnya setiap merk kipas angin memiliki kecepatan yang berbeda, hal ini disebabkan karena jumlah lilitan dan kualitas dinamonya tidaklah sama. Namun hampir setiap merk kipas angin menyediakan tingkat kecepatan hingga 3 tingkat.

Ini berfungsi untuk mengatur putaran kipas, mulai dari tingkat 1 yang paling lambat hingga tingkat 3 yang paling cepat. Namun bagaimana jika kipas angin sudah dalam posisi kecepatan maksimal namun angin tetap tidak terasa atau putarannya semakin melambat?

Cara Menambah Kecepatan Kipas Angin



Sebenarnya, putaran kipas angin yang melambat adalah masalah yang memang sering terjadi dan tergolong mudah diperbaiki, ini biasanya bukanlah tanda-tanda bahwa gulungan atau lilitan kipas angin bermasalah.

Baca juga: Penyebab Kipas Angin Hanya Bergetar Saja

Lalu bagaimana cara mempercepat putarannya? Tenang saja, Anda bisa mengikuti beberapa tips yang sudah kami rangkum dibawah ini:

1. Bersihkan Kipas Angin


Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pembersihan terlebih dahulu, ini berlaku untuk kipas angin yang sudah lama tidak dibersihkan dan sudah banyak sekali debu atau kotoran yang masuk kedalam kipas angin.

Karena debu, kotoran atau rambut yang tersangkut akan menyebabkan dinamo melambat. Anda bisa membuka terlebih dahulu kipas angin lalu membersihkannya menggunakan kain kering atau basah. Lalu apa langkah selanjutnya?

2. Oleskan Pelumas


Setelah dibersihkan, Anda harus mengoleskan pelumas pada kipas angin, hal ini bertujuan untuk mempercepat putarannya. Selain pakai pelumas, disarankan juga untuk menggunakan sedikit cairan tiner dengan tujuan untuk menghilangkan karat dan kotoran yang membandel.

3. Ganti Kapasitor


Kapasitor kipas angin memiliki pengaruh dengan cepat dan lambatnya putaran kipas angin. Biasanya jika kapasitor sudah lemah maka putaran kipas angin akan semakin melambat. Solusi yang bisa Anda coba adalah dengan mengganti kapasitor tersebut.

Sebelum itu, catat ukuran kapasitor original dari kipas anginnya dan Anda harus menggantinya dengan kapasitor yang berukuran sama. Tetapi bisa juga menggantinya dengan ukuran yang lebih besar sedikit agar putaran kipas anginnya bertambah.

Namun resiko mengganti kapasitor kipas angin dengan ukuran yang besar adalah kapasitor tersebut menjadi mudah terbakar, atau bahkan gulungannya rusak.

4. Gulungan Kipas Angin Rusak


Ini adalah masalah yang cukup berat dan Anda perlu mengganti komponen ini. Jika gulungan rusak kemungkinan kecepatan kipas angin akan terus melambat atau bahkan tidak berputar sama sekali.

Anda bisa membeli gulungan kipas angin di toko elektronik offline atau online dengan harga sekitar Rp. 65.000 untuk saat ini. Lakukan pemasangan setelah komponen dibeli, atau serahkan pemasangan pada teknisi yang sudah paham mengenai masalah kipas angin.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menambah Kecepatan Kipas Angin dengan Mudah"