Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Flash Firmware TV Gagal dan Cara Mengatasinya

Memperbarui software atau dikenal dengan istilah "flashing" adalah cara ampuh untuk memperbaiki kerusakan TV pada bagian software. Ini berlaku hampir untuk semua TV LED termasuk Sharp, Samsung, Panasonic dan LG.

Ini merupakan alternatif sebelum mengganti IC memori. Namun tidak jarang terjadi masalah ketika sedang mencoba flashing menggunakan flasdisk yang sudah terisi firmware sesuai tipe TV. Baik itu tidak ada respon apa-apa ataupun ada masalah baru pada televisi tersebut.

Kasus seperti ini tentunya bisa disebabkan karena banyak hal, baik itu firmware yang tidak cocok ataupun memang IC memori yang sudah tidak bisa menerima file baru, artinya IC memori tersebut sudah benar-benar rusak dan harus diganti.

Penyebab Flash Firmware TV Gagal


flash tv gagal

Pada artikel ini, kami akan membahas penyebab umum kenapa masalah ini bisa terjadi, sehingga Anda memiliki langkah yang tepat untuk mengatasinya. Lalu apa sajakah itu?

1. Firmware Tidak Sesuai


Maksud tidak sesuai disini adalah tidak cocok dengan tipe ataupun merk TV LED Anda, pastikan firmware yang digunakan benar-benar sama dengan tipe TV tersebut. Sejauh ini, kami belum menemukan ada persamaan firmware, jadi Anda harus benar-benar menggunakan yang paling cocok.

Untuk menemukan yang sesuai memang tidaklah mudah, terkadang tidak semua firmware tersedia di internet. Namun Anda bisa langsung mencarinya disitus resmi sesuai dengan merk TV yang digunakan ataupun mencarinya di situs yang memang khusus menyediakan firmware TV.

2. Flashdisk Rusak


Walaupun kerusakan pada flashdisk jarang terjadi, namun bukan berarti flashdisk tidak akan rusak. Tanda-tanda jika ada masalah pada flashdisk adalah salah satunya tidak bisa menyimpan banyak file, padahal penyimpanan yang tersedia masih banyak.

Jika begitu, kemungkinan besar firmware yang dimasukan ke flashdisk akan menjadi corrupt (rusak) sehingga TV tidak bisa menerima atau menginstal firmware tersebut. Jadi sebelum memulai flashing, pastikan keadaan flashdisk baik-baik saja.

3. Penempatan Firmware yang Salah


Perlu diketahui, jika ingin flash TV menggunakan flashdisk, Anda harus meletakan firmware diflashdisk langsung atau bukan didalam foler. Pastikan juga ruang penyimpanan flashdisk masih tersedia cukup banyak (disarankan berkapasitas minimal 4GB)

Cukup sekian artikel yang bisa kami bagikan mengenai penyebab flash firmware TV gagal dan cara mengatasinya. Kesimpulan dari artikel ini adalah masalah saat flashing sering terjadi karena firmware yang tidak sesuai.

Posting Komentar untuk "Penyebab Flash Firmware TV Gagal dan Cara Mengatasinya"